Sejarah

Universitas Sariputra Indonesia Tomohon (UNSRIT) adalah lembaga pendidikan tinggi yang keberadaannya  terinspirasi oleh benih-benih kebaikan Umat Buddha yang ada di indonesia, khususnya di Sulawesi Utara untuk ikut mencerdaskan bangsa melalui porses penyelenggaraan pendidikan, pemeliharaan, pembinaan, pengembangan ilmu pengetauan dan teknologi, pengabdian pada masyarakat dan penelitian yang dapat menghasilkan manfaat dalam meningatkan mutu kehidupan dengan berdasarkan pada Pancasila dan Undang–Undang Dasar 1945 yang mengamanatkan mencerdaskan kehidupan bangsa dan meningkatkan kualitas manusia seutuhnya baik jasmani maupun rohani  yang penjabarannya dituangkan dalam progam Pembangunan Jangka Pendek  dan Jangka Menengah (RPJM). Selanjutnya kedepan dalam kegiatan Akademik di UNSRIT akan terbangun suatu suasana yang menyejukkan dalam kemajemukan tanpa membeda-bedakan suku, Ras, dan Agama serta mengacu pada Filosofi hidup UNSRIT membedah peradaban perguruan Tinggi yang bukan hanya mengutamakan ilmu dan Teknologi tetapi juga moral dan kasih sayang.

Bahwa UNSRIT adalah salah satu bentuk perguruan tinggi yang mengemban tugas dan fungsi perguruan tinggi dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa, khususnya dalam pendidikan tinggi. Dalam kedudukannya sebagai perguruan tinggi yang mandiri, UNSRIT merupakan bagian dari  sistem pendidikan nasional yang berdasarkan Pancasila dan  Undang-Undang  Dasar  1945 bertujuan menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan kecakapan dan ketrampilan dalam pengembangan/penyebarluasan ilmu pengetahuan, teknologi dan/atau kesenian serta mengupayakan penggunaannya bagi masyarakat, bangsa dan negara. Pada tahun 1999 didirikanlah UNSRIT berdasarkan surat keputusan surat keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia, Nomor 171/d/0/1999 Pada tanggal 5 Desember 1999.

Bahwa UNSRIT sebagai perguruan tinggi yang berkedudukan di Kota Tomohon, memiliki tugas tanggung jawab untuk mengembangkan sumberdaya manusia  sesuai  kebutuhan pembangunan, baik di wilayah Tomohon maupun kawasan nusantara, dengan mengingat pula kedudukannya sebagai bagian dari masyarakat ilmiah yang bersifat universal.

Universitas Sariputra Indonesia Tomohon didirikan oleh Bhiku Dr. Dharma Surya Mahasthavira, MA., M.Si yang diselenggarakan oleh Yayasan Dharma Bhakti Indonesia Tomohon berdasarkan Akta No 20 Tanggal 27 Mei tahun 2016 oleh Notaris Maudy Manoppo, SH., S.pH` Universitas Sariputra Indonesia Tomohon, mulai beroperasi pada tanggal 5 Desember 1999 berdasarkan surat keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia, Nomor 171/D/0/1999. Tanggal 5 Desember ditetapkan sebagai tanggal berdirinya (DIES NATALIS) Universitas Sariputra Indonesia Tomohon (UNSRIT).